28 Mei 2013

Pengumuman Snmptn Dipercepat Perlancar Pendaftaran Sbmptn 2013

Pemerintah / Kemdikbud yang diwakili Panitia Snmptn 2013 sejak lama mempertimbangkan minimal 2 hal apabila mempercepat Pengumuman Snmptn 2013. Pertama, tergantung jadwal pengumuman ujian nasional (UN). Kedua, mensinergikan dengan pendaftaran Sbmptn 2013 terutama untuk peserta yang baru lulus SMA sederajat adar secepatnya memperoleh keputusan dalam menentukan langkah registrasi Sbmptn.

Berdasarkan data yang kami terima dari situs Pengumuman Snmptn bahwa Panitia pada hari Sabtu menggelar Konferensi pers hasil SNMPTN 2013 di Bandung sekitar pukul 15.00 WIB, hal ini menjadi dasar jadwal pengumuman hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN)dimajukan sehari. Dari rencana diumumkan Selasa 28 Mei, maju menjadi Senin 27 Mei besok sore. Peserta Snmptn 2013 jalur undangan bisa melihat pengumuman melalui internet besok sekitar pukul 18.00 WIB sedangkan di media massa keesokan harinya.

Menurut keterangan dari Ketua Umum Panitia SNMPTN 2013, Prof. Akhmaloka, Ph.D., data di upload ke internet setelah ada konferensi pers dengan media masa di ITB (Institut Teknologi Bandung).

Pengumuman kelulusan SNMPTN 2013 diwarnai masalah perbedaan data kelulusan siswa antara versi Kemdikbud dengan dinas pendidikan provinsi. Perbedaan itu terjadi hampir di seluruh provinsi. Salah satunya di Sumatera Utara (Sumut). Versi Kemdikbud ada 641 murid SMA dan sederajat yang tidak lulus sedangkan menurut Dinas Pendidikan Sumut, yang tidak lulus 2.948 siswa.

Kasus serupa terjadi di Jawa Timur (Jatim), versi Kemdikbud ada 56 siswa yang tidak lulus. Sedangkan menurut dinas pendidikan setempat ada 154 siswa yang tidak lulus. Perbedaan data berpotensi merugikan pelamar SNM PTN. Bukan tidak mungkin ada pelamar SNMPTN yang diyatakan lulus padahal dia tidak lulus SMA.

"Panitia SNM PTN dapat data resmi dari Kemdikbud. Kami tidak mengumpulkan data dari provinsi-provinsi," demikian pennegasan dari Ketua Umum Snmptn 2013, Doktor Alumnus dari University of Kent at Canterbury, England.

Rektor ITB itu mengatakan, panitia sedang konsentrasi menyaring pelamar SNMPTN yang sebelumnya sudah diranking. Jika ada siswa yang masuk daftar ranking tetapi tidak lulus ujian nasional, namanya langsung didrop alias tidak diterima statusnya kelulusannya.

Beruntungnya menurut Prof. Akhmaloka, Ph.D., bahwa perbedaan data kelulusan siswa sejauh ini tidak mengganggu proses SNMPTN. Untuk mengatasi pontesi ada siswa lulus SNMPTN tetapi yang bersangkutan tidak lulus SMA, panitia punya cara. Yakni, seluruh pelamar wajib membawa bukti kelulusan ketika mendaftar ulang pada 18-19 Juni mendatang. "Pokoknya yang boleh kuliah itu yang sudah lulus atau menamatkan SMA atau sederajat," tegasnya.

Dari catatan panitia, jumlah pelamar SNM PTN 2013 mencapai 780 ribuan. Sedangkan kuota yang tersedia sekitar 132 ribu kursi mahasiswa baru. Bagi yang tidak lulus SNM PTN, masih punya peluang kuliah di kampus negeri lewat jalur tes tulis atau SBM PTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri).

Sebagai info bahwa perubahan Pengumuman Kelulusan Snmptn termasuk Pengumuman Kelulusan Snmptn tahun 2013, itu adalah hal yang biasa terjadi. Selama ini kita sering menyaksikan perubahan-perubahan kebijakan terutama dalam masalah jadwal. Sebagai contoh hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur tertulis juga dipercepat, yang harusnya diumumkan pada Sabtu, 7 Juli 2012 dimajukan menjadi 6 Juli 2012 mulai pukul 19.00 WIB.

Alasan yang melatarbelakanginya termasuk pengumuman Snmptn 2013, karena proses penentuannya memang sudah selesai dilakukan. Tidak ada masalah apa pun. Semua berlangsung lebih cepat maka hasilnya dapat diketahui lebih cepat pula oleh peserta, dan itu bisa lebih baik untuk peserta Snmptn.

Sebagai info bahwa pendaftaran Sbmptn membuka juga untuk lulusan SMA sederajat tahun ini. Cuman apabila mereka ikut Snmptn dan berhasil lulus, panitia menganjurkan kelulusannya diambil walaupun pilihan keduanya.

Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik n sarannya ya....

Powered By Blogger
 

HoerY ParteY Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates